Cerita Pengusaha Sukses Para Pendiri Youtube

12:01 AM

Pengusaha Sukses
Ketika Google   membeli  YouTube seharga  $1 ,65 miliar beberapa tahun  lalu maka  banyak   orang  kemudian  menghitung­ hitung jumlah kekayaan  yang  telah diraup oleh  pendiri atau investor situs tersebut. Salah  satu  pendiri  dan  sekaligus  Chief Executive You­Tube,  Chad   Hurley, diyakini   menerima   sekitar  $345 juta. Sedangkan pendiri lainnya yakni Steven Chen, menerima  tak  kurang  dari  $326 Juta.  Lainnya, Jawed Karim,  pendiri ketiga  YouTube  mendapatkan kurang  lebih $64  juta .

Keheranan  banyak   orang  tak  berhenti  sampai   di  situ saja. Saat  transaksi  yang  menghebohkan dengan  Google tersebut dilakukan, maka berbagai media  massa  pun mulai menggali  informasi mengenai  sosok-sosok cerdas di balik  kesuksesan  YouTube. Tak disangka  sosok-sosok cerdas  tersebut  ternyata  masih  sangat  muda.   Mereka adalah  tiga  orang  sahabat   yang  berasal  dari  kebudayaan  yang  berbeda, sifat  yang  sungguh  berlainan  namun memiliki ide cerdas  yang sama.

PENGUSAHA MUDA SUKSES : CHAD MEREDITH - SANG PENGGEMAR SENI

Chad Meredith Hurley
Chad Meredith Hurley
Chad Meredith Hurley atau yang biasa dipanggil Chad, lahir dan dibe­sarkan di Birdsboro, Pennsylvania pada tahun 1977 sebagai anak kedua dari  tiga bersaudara.  Ayahnya, Donald  adalah seorang  konsultan  ke­ uangan sedangkan ibunya, JoAnn, berprofesi sebagai seorang guru.

Chad kecil menyukai segala sesuatu yang berbau seni. Dia suka melukis dan memahat serta selalu bergabung dengan orang-orang yang memiliki  minat  yang sama. Chad  memiliki sifat yang sangat lembut dan bisa dibilang sedikit tertutup.  Pada usia yang masih sangat muda, Chad telah berusaha menjual sendiri karya seninya.

Kegemaran Chad pada hal-hal yang berbau seni berpadu dengan ketertarikannya  pada bidang bisnis dan teknologi. Di masa sekolah dia sempat memenangkan  juara ketiga pada kompetisi elektronik tingkat nasional dengan menciptakan sebuah amplifier.

Selanjutnya pada masa kuliah, Chad banyak menghabiskan waktu­ nya di dunia maya dengan berbagai aktivitas yang biasa dilakukan oleh pemuda seusianya seperti merancang  web, bermain game, dan berek­ sperimen  dengan animasi. Chad juga tak enggan untuk bergabung de­ ngan jaringan marketing demi mendapatkan tambahan penghasilan di masa kuliahnya.

Pada tahun 1999, Chad akhirnya berhasil menyelesaikan kuliahnya di Indiana University of Pennsylvania pada jurusan Graphic Design and Printmaking. Ketika itulah Chad membaca sebuah artikel mengenai sebuah  perusahaan  baru  yang bernama  PayPal. Tertarik dengan perusahaan baru ini, Chad lantas mengirimkan  lamarannya. PayPal tak serta-merta menerimanya  melainkan  meminta  Chad untuk  membuat desain sebuah  logo perusahaan  terlebih dahulu  untuk  membuktikan kemampuannya  dalam hal desain. Logo buatan  Chad begitu menarik bagi  PayPal  sehingga   mereka   menggunakannya    hingga  sekarang. Karena keberhasilannya membuat logo tersebut selanjutnya Chad pun diterima sebagai desainer pertama di PayPal. Selama beberapa minggu kemudian  Chad menumpang  tidur di lantai kamar temannya sebelum akhirnya menerima  upahnya yang pertama.


Sungguh suatu keberuntungan bagi Chad, ketika dia bisa bergabungdengan sebuah perusahaan pembuat sistem pembayaran online yang akhirnya berkembang menjadi sebuah sistem pembayaran online yang paling aman saat ini. Saat eBay membeli PayPal seharga $1,54 miliar di tahun 2002 maka Chad pun memperoleh bonus yang kelak ia gunakan untuk membiayai usahanya. "Dia benar-benar seorang yang brilian dan bisa melihat kesempatan;'  ujar Ryan, rekan Chad. "Dia pastilah orang yang cerdas dengan ide YouTube yang dimilikinya;' tambah Ryan.


PENGUSAHA MUDA SUKSES : STEVE CHEN - TAK PERNAH  TAKUT MENGAMBIL RISIKO


Steve Chen
Steve Chen
Steve Shih Chen  atau Steve Chen  dilahirkan  di Taipei, Taiwan pada bulan Agustus tahun 1978. Pada kurang lebih 6 tahun, ibunya pernah membawa  dirinya ke seorang  peramal.  Peramal tersebut  mengatakan bahwa Chen  kecil tidak akan bisa menjadi  orang kaya. "Ramalan itu terus terdengar di telinga saya;' kata Steve.

Tetapi sesuatu yang kemudian  mengubah  hidupnya  terjadi ketika Steve  berusia  8  tahun.  Keluarganya  memutuskan   untuk  pindah  ke Amerika  Serikat dan  memulai  kehidupan  baru  dan  berbeda  di sana. Masa-masa  sekolah  menengah   ditempuhnya   di  John  Hersey  High School  lantas  berlanjut  ke Illinois  Math  and  Science Academy lalu kuliah di University of Illinois di Urbana-Champaign.

Steve turnbuh  sebagai seorang yang tidak takut mengambil risiko. Mendekati akhir masa studinya dia memutuskan untuk mulai bekerja di PayPal. Suatu keputusan yang bagi keluarganya dianggap terlalu cepat dan terburu-buru. Keluarganya pun dibuat khawatir dengan keputusan ini, namun Steve berani mengambil risiko. Belakangan terbukti bahwa keputusan   tersebut   merupakan   satu  langkah   tepat  karena  dengan demikian   dia  bisa  bergabung  dengan  sebuah  perusahaan   ternama, menjadi angkatan pekerja pertama yang turut membesarkan nama perusahaan  dan tentu saja menimba ilmu di sana.

amalan yang dikatakan oleh peramal di masa kecil Steve agaknya tidak  terbukti.  Segala sesuatu  berjalan  lancar  pada  kehidupan  Steve. Semasa  bekerja  di  PayPal, Steve selalu  bisa  menemukan   cara  yang cepat dan pintar  untuk  mengatasi berbagai masalah. Selain di PayPal, Steve juga sempat bekerja selama beberapa bulan di Facebook namun kemudian dia keluar untuk memulai YouTube. Agaknya keberaniannya mengambil keputusan dan risiko telah mematahkan ramalan di masa kecilnya itu.


PENGUSAHA MUDA SUKSES : JAWED KARIM - LAHIR DARI KELUARGA PENELITI


Jawed Karim
Jawed Karim
 Jawed Karim dilahirkan  di Merseburg, Jerman Timur pada tahun 1979 lantas pindah  ke Jerman Barat pada tahun 1980. Karim dibesarkan  di Jerman, tetapi selanjutnya keluarganya pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1992. Karim tumbuh  dan berkembang dalam sebuah keluarga peneliti. Ayah Karim adalah seorang Bangladesh bekerja sebagai pene­ liti di 3M,  sedangkan  ibunya, seorang berkebangsaan  Jerman, adalah seorang profesor peneliti biokimia di University of Minnesota.

Setelah  menyelesaikan  pendidikan  di  sekolah  menengah,  Karim lantas melanjutkan  pendidikannya  di University of Illinois. Namun ke­ mudian dia berhenti kuliah dan memilih bekerja di PayPal. Pendidikan yang sempat terputus tersebut lantas dilanjutkannya  kembali dalam hi­ dang ilmu komputer di Stanford University.

Semasa bekerja di PayPal, Jawed Karim menciptakan dan mengembangkan sistem Real-Time Anti-Fraud  yang digunakan  di PayPal. Se­ lain ikut mendirikan  YouTube, Jawed saat ini sedang meluncurkan  se­ buah lembaga pendanaan  yang disebut Youniversity Ventures. Lemba­ ga ini bertujuan  membantu  para pelajar untuk mewujudkan  ide bisnis mereka.

KOLABORASI TIGA SAHABAT


Pendiri Youtube
Pendiri Youtube
Ketiga anak muda dengan latar belakang yang berbeda tersebut diper­ temukan dalam sebuah perusahaan  yang sama, PayPal, tempat mereka pertama  kali menapaki dunia kerja. Perusahaan  PayPal terus berkem­ bang hingga akhirnya  di tahun  2002 PayPal dibeli oleh eBay. Ketiga sahabat ini lantas memutuskan  untuk mendirikan  perusahaan  mereka sendiri.

Ide awal muncul ketika tahun 2004 mereka kesulitan untuk menemukan  video rekaman  pertunjukan  Janet Jackson di Super Bowl show.  Kejadian tersebut  berulang  saat  mereka  ingin  melihat  video­ video  rekaman  pada  waktu  terjadi  Tsunami  di wilayah Asia. Karim lantas mengusulkan  kepada Chad dan Steven untuk membuat sebuah situs video sharing. "ku rasa ini sebuah ide yang bagus" kata Karim.

Ketiganya lantas mulai mewujudkan  gagasan tersebut di bulan Februari. Pembagian tugas pun kemudian dilakukan. Chad merancang tampilan situs dan logo sementara Steve dan Karim menangani segala sesuatu yang bersifat teknis sehingga situs tersebut bisa berfungsi. Selanjutnya mereka pun membagi tanggung jawab manajemen berdasarkan potensi masing-masing. Chad menjadi CEO  sedangkan Steve  menjadi  Chief  Technology  Office. Sementara  itu  Karim  me­ mutuskan  untuk  meneruskan  pendidikannya  dan  setuju  untuk  me­ miliki sedikit kepemilikan saham dalam usaha tersebut.

YouTube kemudian  mulai tumbuh  dengan  usaha keras Chad dan Steve. Tak jarang hingga larut  malam  mereka bekerja membenahi tampilan   YouTube dan  memperbaiki   kinerjanya.  Hingga  akhirnya kurang   dari   setahun    setelah   peluncuran    pertamanya,    situs   ini kemudian  dibeli  oleh  Google  dan  memberikan   buah  manis  untuk ketiga pendirinya.

<a href="http://www.ceritaummi.com/tokoh-inspiratif-indonesia-rina-gunawan/">kisah orang sukses</a>




Artikel Terkait

Previous
Next Post »